+Peta Situs | +Kontak
JAMBI BUMI SEJUTA POHON BUAH BUAHAN UNGGUL

I. PENDAHULUAN

          Provinsi Jambi terletak antara 0˚ 45’ LS s/d 2˚ 45’ LS dan 101˚ 0’ BT s/d 104˚ 55’ BT dengan luas wilayah 53.435 km²  dengan letak geografis Sebelah Utara berbatasan dengan Provinsi Riau, Sebelah Barat Provinsi Sumatera Barat, Sebelah Selatan Provinsi Sumatera Selatan dan Sebelah Timur Provinsi Selat Berhala, dengan topografi relatif datar bagian barat  lahan kering dengan topografi bervariasi dari datar bergelombang sampai berbukit dan bagian timur merupakan rawa – rawa dengan topografi relatif datar.sedangkan faktor iklim berdasarkan klasifikasi Schmit dan Ferguson bulan basah 8 – 10 bulan serta bulan kering mencapai 2 – 4 bulan dengan rata – rata  curah hujan bulanan pada bulan basah mencapai 179 – 279 mm dan bulan kering 68 – 106 mm. Jenis tanah sangat bervariasi dimana wilayah barat terdiri dari Latosol, Organosol, Alluvial, Podsolik, Andosol, wilayah timur jenis tanah Organosol,   Alluvial,   Podsolik,   Hidromorfik   kelabu,   Gley   humus komplek Podsolik. Ketinggian masing wilayah tersebut dari permukaan laut dari 0 sampai diatas 500 m dpl.

 

II. KONDISI WILAYAH

          Wilayah Provinsi Jambi  terdiri dari 11  kabupaten /kota, dimana untuk transportasi dari  Provinsi  ke kabupaten  dapat mengunakan roda 4 dengan jarak dari Kota Jambi - Ma Bulian  58,93 km, Kota Jambi - Ma Bungo 251,60 km, Kota Jambi -  Bangko 255,03 km, Kota Jambi - Ma Sabak 129,44 km, Kota Jambi - Tebo  205,80 km, Kota Jambi   - Sengeti 27,00 km, Kota Jambi - Sungai Penuh 419,21 km, Kota Jambi -  Kuala Tungkal 130,78 km, Kota Jambi-  Sorolangun 179,29 km. Sedangkan antar Provinsi selain melalui jalan darat dapat juga mempergunakan  pesawat udara melalui Bandara Sultan Thaha Jambi.    

 

III. POTENSI LAHAN

           Untuk mendukung Jambi Bumi Sejuta Pohon Buah – Buahan Unggul dimana pada setiap Kabupaten / Kota masih tersedia potensi lahan  untuk penanaman Buah – Buahan, dengan potensi luas  lahan yang tersedia Kota Jambi 25 Ha, Batang Hari 1200 Ha, Muaro Jambi 1000 Ha, Bungo  1500 Ha, Tebo 1050 Ha Tanjung Jabung Barat 1250 Ha, Tanjung Jabung Timur 1325 Ha, Sorolangun 1200 Ha, Merangin 1250 Ha, Kerinci 350 Ha dan Kota Sungai  Penuh  60 Ha.

 

IV. PERSIAPAN BENIH

          Benih  yang digunakan varietas buah – buahan unggul yang bersertifikat hasil produksi BBIH dan Penangkar benih buah – buahan dengan mengutamakan Plasma Nutfah Provinsi Jambi yang telah ditetapkan sebagai varietas unggul antara lain : Durian  Varietas Selat,  Duku Varietas Kumpeh,  Jeruk Keprok Varietas Pulau Tengah, Nenas Varietas Tangkit, Jambu Air Varietas Mayangmangurai,    Jeruk    Pamelo    Varietas    Lidung,    Cempedak   Varietas   Sebapo,   Alpokat  Varietas Pesako dan Pisang Varietas Raja Nagka, dan  varietas unggul lainnya.

 

V. PENGEMBANGAN KAWASAN

          Pengembangan dilakukan dengan pola bentuk kebun dan pekarangan rumah tangga sehingga terbentuk kawasan seperti  berikut ini :

Kawasasan I mencakup Kabupaten Kerinci, Merangin,  Sorolangun dan Kota Sungai Penuh dengan pengembangan kawasan tanaman Manggis, Durian, Jeruk, Duku dan Pisang.

Kawasan II mencakup Kabupaten Bungo, Tebo dan Batang Hari dengan pengembangan kawasan tanaman Manggis, Durian, Jeruk dan Duku.

Kawasan III mencakup Kota Jambi dan Kabupaten Muaro Jambi dengan pengembangan kawasan tanaman Duku, Durian, Jeruk,   Lengkeng dan Jambu air.

Kawasan IV mencakup Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan Tanjung Jabung Timur dengan pengembangan tanaman Pisang, Durian, Jeruk dan Nenas.

VI. PENUTUP

Pelaksanaan program Jambi Bumi Sejuta Pohon Buah – buahan Unggul  diperlukan dukungan Pemerintah Pusat, Propinsi dan Kabupaten / Kota.